Resep Ayam Goreng Masak Tomat Pedas

Resep ayam goreng masak tomat pedas adalah kreasi baru dari menu dasar ayam goreng. Bedanya, menu ini menawarkan rasa gurih, asam, dan pedas sekaligus. Bahkan, menu ini mudah dibuat di rumah.


Pertama-tama, marinasi ayam dengan Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Goreng Belacan dan putih telur di mangkuk. Diamkan minimal selama 15 menit agar bumbu meresap. Nah, biasanya aku tutup mangkuk dengan plastik khusus makanan dan menyimpannya di kulkas untuk hasil yang maksimal. Setelahnya, goreng ayam hingga matang kecokelatan.

Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih dan cabai. Untuk jumlah cabai yang dipakai bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Ketika tumisan sudah harum, masukkan ayam goreng. Aduk rata hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat. Mulut pun tak bisa berhenti mengunyah.

Bagaimana, siap mencoba kreasi baru dari sekadar menggoreng ayam? Aku juga mau coba resep lainnya yang praktis seperti cumi crispy cocol madu, jamur suwir pedas, dan udang saus tiram.

Bahan

500 g ayam, potong 6 bagian
1 bungkus Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Goreng Belacan
1 butir putih telur
300 ml minyak, untuk menggoreng
5 butir bawang merah, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
5 buah cabai merah, cincang kasar
2 buah cabai rawit, cincang kasar
3 buah tomat, potong dadu 2 cm
½ sdt gula pasir
1 sdt Royco Kaldu Ayam
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

Dalam mangkuk, marinasi ayam dengan putih telur dan Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Goreng Belacan. Aduk rata, diamkan selama 15 menit.

Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah hingga harum. Masukkan tomat, Royco Kaldu Ayam, dan gula. Aduk rata.

Masukkan ayam goreng dan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan sajikan.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Royco.