Resep Cara membuat Puding Cendol Gula Merah Enak Dan Sederhana

Agar-agar cendol selalu ada dalam daftar menu hidangan Lebaran keluarga kami. para tamu dan handai taulan sangat suka dan selalu bertanya kayak gimana resepnya? Nah bunda dan sista, silahkan contek saja resep ini. dijamin menuai puja-puji dari tetamu yg datang bersilaturahim

Cendol sangat dikenal sebagai salah satu desert lokal Indonesia. Kalau biasanya cendol disajikan dengan es serut kemudian ditambah dengan santan dan gula merah, ternyata cendol juga dapat dijadikan berbagai olahan dessert lain. Salah satunya adalah menjadi puding cendol. Resep puding cendol ini juga tidak kalah segarnya dari es cendol yang biasa dijajakan di pinggir jalan. Apalagi jika puding cendol ini disajikan dingin.

Menu cendol adalah bahan pangan yang terbuat dari campuran tepung beras serta pewarna hijau yang kemudian dimasak dan dicetak dengan saringan khusus. Awalnya pewarna hijau menggunakna dengan daun pandan, namun seiring perkembangan kuliner telah menggunakan pewarna makanan. Dengan saringan khusus, cendol terbentuk menjadi buliran-buliran manja dengan tekstur yang kenyal.


Umumnya cendol diolah menjadi minuman segar penambah energi yakni es cendol, namun kali ini kami akan meraciknya menjadi menu desssert yakni puding cendol. Proses pembuatan puding cendol memang terbilang cukup mudah dan caranyapun tidak beda jauh dengan proses pembuatan puding umumnya. Nah, buat anda yang berminat, silahkan tengok resepnya dibawah ini.

Bahan-Bahan:
Lapisan pertama:
140 gr gula pasir
Garam
200 gr cendol hijau
1,5 bungkus agar-agar
30 gr tepung maizena
250 ml santan
500 ml air

Lapisan kedua:
200 gr gula merah
1,5 bungkus agar-agar
210 ml santan


Cara membuat:
1. Masukkan 500 ml air ke panci, tunggu hingga panas. Tambahkan 150 gr gula pasir dan 1,5 bungkis agar-agar, aduk hingga merata.

2. Masukkan santan dan aduk kembali hingga santan tidak pecah. Masukkan tepung maizena dan garam secukupnya. Aduk kembali agar santan tidak pecah.

3. Masukkan cendol, aduk hingga merata dan matang.

4. Siapkan cetakan puding dan tuang adonan cendol dari poin (4) sampai cetakan terisi setengahnya.

5. Tiriskan adonan agar mengeras.

6. Sambil menunggu adonan mengeras, buat adonan gula merahnya dengan memasak 500 ml air di panci hingga panas.

7. Saat air memanas, masukkan gula merah, aduk hingga merata dan air berubah coklat pekat. Tambahkan 1,5 bungkus agar-agar.

8. Saat sudah rata, tambahkan santan, dan aduk kembali. Jangan sampai santan pecah. Aduk hingga matang.

9. Ambil adonan putih yang sudah mengeras tadi dan tuang adonan dari poin (8) ke atasnya.

10. Tiriskan 20 menit hingga puding mengeras.

11. Potong dan sajikan.