Resep Cumi Goreng Tepung Saus Mangga, Bumbu Asam Manis

Di antara sekian banyak menu seafood yang selalu nikmat disantap saat malam hari, ada satu yang selalu menjadi favoritku yaitu cumi. Seolah bersaing ketenaran dengan udang dan bisa dimasak menjadi apapun, tapi ada satu menu yang tidak pernah bisa kutolak sampai kapanpun. Itulah cumi goreng tepung! Kali ini, aku ingin mengajakmu memasak dan memadukannya dengan saus mangga.

Cumi goreng tepung khas restoran seafood memang sebelas dua belas dengan calamari khas Barat, meski berbeda penggunaan tepungnya. Tidak hanya itu, keduanya juga berbeda dari segi saus. Biasanya versi Timur bisa menggunakan beragam saus dengan rasa dasar pedas ataupun pedas manis. Sementara kalau versi Barat biasanya menggunakan saus tartar. Keduanya sama-sama sedap, tapi bolehlah tanding dengan formulaku yang satu ini.


Saus mangga sengaja kupilih meskipun sekarang sedang musimnya mangga manis. Tapi sepanjang tahun selalu saja ada mangga mengkel dan inilah yang cocok untuk sausnya. Jadi bayangkan cumi goreng tepung yang renyah dan menggiurkan dan dipadukan dengan saus mangga segar, asam, dan pedas. Selebihnya tidak perlu sulit-sulit deh. Tambahkan saja nasi putih sepiring. Lengkap sudah makan malammu hari ini!

Tapi kalau kamu masih ingin mencoba resep-resep lainnya, jangan ragu-ragu ya. Banyak pilihan resep yang cocok untuk disandingkan dengan cumi goreng tepung saus mangga ini. Selamat memasak!

Bahan cumi goreng tepung

500 g cumi, iris bulat 2 cm
3 butir telur, kocok putih telur hingga mengembang
100 g tepung terigu
50 g tepung jagung
1 sdm baking powder
½ sdt garam
200 ml air
350 ml minyak sayur

Bahan saus mangga

1 buah mangga mengkel, iris tipis memanjang
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
3 buah cabai rawit, iris tipis
1 sdm saus tomat
1 sdt air asam jawa
2 sdt Royco Kaldu Ayam

Cara membuat

cumi goreng tepung saus mangga

Dalam mangkuk berukuran besar; masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam, baking powder, dan air. Aduk hingga mengental dan tercampur rata. Siapkan putih telur yang telah mengembang setelah dikocok. Tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk. Masukkan cumi yang telah dipotong-potong ke dalam adonan.
cumi goreng tepung saus mangga

Panaskan minyak di wajan. Goreng cumi satu per satu hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
cumi goreng tepung saus mangga

Membuat saus mangga: Panaskan minyak di wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang dan harum. Kemudian masukkan cabai rawit, air, gula pasir, air asam jawa, saus tomat, dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga matang dan mendidih. Lalu masukkan potongan mangga dan aduk hingga tercampur rata. Matikan api.

Penyajian: Siapkan piring saji. Letakkan cumi yang telah digoreng dan siram dengan saus mangga. Sajikan.

Bagaimana dengan menu-menu lainnya? Sudah siap menemani cumi goreng tepung saus mangga yang dahsyat ini?

Semoga makan malammu menyenangkan hari ini!