Aneka Cara Membuat Resep Puding Sederhana Dan Murah

Tidak asing lagi bagi kita, Puding adalah salah satu jenis makanan yang selalu diminati dari dulu hingga sekarang. Biasanya puding menjadi menu makanan penutup favorit saat menyantap hidangan utama bersama keluarga ataupun acara seperti arisan.

Menu ini dapat menjadi pilihan camilan sehat karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selain mengandung serat dari agar-agar, puding juga dapat mengandung gizi lainnya dari bahan lain yang ditambahkan.


Bagi yang ingin membuat puding, berikut adalah berbagai resep puding yang bahannya murah meriah serta mudah dibuat sendiri. Cocok untuk dipraktikkan sendiri di rumah untuk camilan keluarga.

Puding busa umumnya dibuat untuk dijual atau sebagai pelengkap hidangan acara. Meskipun begitu, puding busa ini juga dapat disajikan sebagai camilan keluarga. Puding ini dibuat dengan cara mencampurkan adonan puding kedalam kocokan lepas putih telur kemudian diaduk perlahan atau bisa menggunakan mixer.

Apabila sudah jadi, puding ini akan terlihat seperti terdiri dari dua lapisan (lapisan cairan dan busa). Bagi yang ingin membuat puding busa, berikut adalah kreasi resep-resep puding busa :

Puding busa dapat dikreasikan dengan bahan apa saja. Misalnya dapat menggunakan roti sebagai pelengkap. Inilah resep dari puding busa roti yang dapat dicoba di rumah.

Bahan-Bahan

250 gram gula pasir
400 ml Susu Cair Full Cream
Roti Tawar secukupnya
Air secukupnya
3 putih telur
2 bungkus agar – agar bubuk.
1 Sdt esens vanilla (sebagai penambah aroma).

Cara Membuat

Potong- potong roti tawar dengan model memanjang seperti stik, sisihkan.

Selanjutnya, rebuslah 50 gram gula pasir, 1 bungkus agar – agar dan esens vanilla secukupnya hingga mendidih sambil terus diaduk. Angkatlah saat masih panas.

Sementara menunggu rebusan agar-agar hangat, kocoklah putih telur, 50 gram pasir dan garam sampai mengembang sempurna.

Setelah kocokan telur mengembang, masukkan rebusan agar – agar dan susu sambil terus dikocok. Gunakan mixer agar kocokannya stabil.

Tuangkan setengah dari adonan puding ke dalam loyang berbentuk persegi panjang (atau sesuai selera). Beri sedikit potongan roti tawar, siram lagi dengan sisa adonan lalu bekukan.

Rebus 1 lagi bungkus agar – agar dengan sisa gula pasir dan air secukupnya hingga mendidih. Angkat dan sisihkan.

Terakhir, tuanglah rebusan agar – agar kedua ini ke atas lapisan agar – agar pertama yang sudah setengah beku, masukkan kembali kedalam lemari es.

Apabila agar-agar sudah beku, keluarkan dari lemari es dan potong sesuai selera.

Sajikan puding busa untuk disantap bersama keluarga.