Resep Cara Membuat Kue Bakpao Dan Bahannya Sederhana

Meskipun kepopuleran peminat kue bakpao tidak seperti halnya donat, namun di indonesia sndiri makanan ini terbilang cukup spesial dan tidak sedikit orang-orang menyukainya terutama sering di santap saat bersantai. Kali ini admin akan mencoba memberikan tips dan rsep cara membuat bakpao sederhana tapi enak dan lezat serta di jamin bunda semua ketagihan.

Sebelum membahas pada kue bakpao alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu sejarah awal mulanya makanan ini agar lebih pintar lagi. Sebagai mana pengucapan namanya yang cukup asing di lidah orang indonesia, bakpao sendiri berasal dari china penggabungan dua kata yaitu bak arinya bungkusan dan pao adalah daging, jika di gabungkan bakpao artinya bungkusan daging.

Bentuk dari bakpao sendiri umumnya seperti roti, bulat dan mengembang, sebab adonan resep bakpao terbuat dari tepung yang di tambah ragi agar mengembang, sehingga bentuk bakpao rata-rata besar mengembang. Hal inilah yang sering membuat sulit para bunda dalam membuat bakpao, yaitu agar bakpao tersebut bisa mengembang lebih sempurna.

Resep Bakpao

Meskipun hakikatnya bakpao ini berisi daging sebagaimana arti dari namanya tersebut, namun saat ini sudah tidak lagi hanya sebatas daging yang menjadi isiannya. Para koki sudah lebih pintar dalam mengaplikasikan rasa pembuatan makanan agar lebih ramah dengan lidah orang jaman sekarang seperti bakpao berisi coklat, strawberry, kacang hijau, kacang tanah dan lain sebagainya..


Beberapa bahan
8-10 buah

250 gr tepung terigu segitiga
1 kuning telur
3 sumber daya manusia gula halus (atau gula pasir di jus)
1/2 sdt garam
1 sumber daya manusia mentega
Bahan biang :
1 sumber daya manusia ragi instan (fermipan)
1 sumber daya manusia gula pasir
150 ml air hangat
Seperlunya baking paper
Seperlunya isian

Langkah

Buat bahan biang. Campur air hangat dgn gula aduk2. Imbuhkan fermipan aduk sesaat. Biarlah membusa 5-10 menit. Wadahnya tutup rapat.

Campur tepung terigu, gula serta garam.

Input kuning telur ke biang. Aduk sampai rata.

Campur biang ke adonan tepung dikit demi sedikit. Aduk serta uleni sampai dikit kalis. Input mentega. Uleni sampai kalis.

Diamkan adonan sepanjang 1 jam tutup wadah dengan serbet/plastik.

Sesudah adonan mengembang. Buat rata adonan. Saya jadi 9 buah. Adonan dibikin bundar sebelum dikasih isian (panduan agar nanti mulus)

Lalu berikan isian sesuai dengan hasrat. Saya pakai cokelat.

Bulatkan adonan. Alasi baking paper/daun.

Panasi kukusan dgn api kecil. Biarlah adonan mengembang sepanjang 15 menit.

Lalu kukus dgn api besar sepanjang 10 menit. Tutup panci diberi lap bersih/serbet.

Siap diberikan... menuul yummyyy empuk enakkkkk bangett

Hayu membuat buibuu

Itulah salah satu contoh dari resep cra membuat bakpao seerhana ala rumahan yang bisa bunda coba sendiri, untuk isian terserah mau pilih apa sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Sumber : cookpad